Evaluasi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) di Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.32729/edukasi.v1i1.67Keywords:
Mobilitas Intelektual, Kelembagaan Pesantren, Evaluasi, PBSBAbstract
Studi ini mengevalusi implementasi PBSB dengan menggunakan model evaluasi CIPP, yaitu melihat input, proses, output dan outcome PBSB. Dari temuan di lapnngan ditemukan bahwa adanya relevansi antara implementasi PBSB dengan tujuan yang diidealisasikan PBSB, yaitu dari aspek input, kebijakan afirmasi sangat nampak dari program ini, yakni memberikan akses pendidikan beasiswa bagi keluarga tidak mampu dimana mereka lebih banyak yang mengambil jurusan umum dari pada agama. Dari aspek proses, studi ini menemukan bahwa santri berhasil menyelesaikan studi tepat waktu,  terutama santri berlatarbelakang keluarga tidak mampu. Dari aspek output/produk, prestasi akademik  santri yang berasal dari keluarga tidak mampu berhasil memperoleh rerata nilai cukup tinggi 3,32. Namun, pengabdian mereka sebagai pemberdaya pesantren belum sepenuhnya tumbuh, di mana aktivitas alumni PBSB di pesantren masih terbatas persentasenya pada pengelolaan administrasi, pengajaran dan pengembangan life skill.
References
Daftar Pustaka
Bappenas, 2016: Peningkatan Akses Pendidikan Tinggi Melalui Program-Program Afirmasi.
Catatan Bank Dunia, 2011: Sumber: http://www. worldbank. org/in/news/press-release/2011/10/13/higher-education-contribute-even-more-indonesia-development.
Direktorat PD Pontren Kementerian Agama tahun, 2014: †Dokumen Data Hasil Apdatâ€.
Direktorat PD. Pontren dan Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI. 2015: Petunjuk Teknis Pengelolaan Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB).
Direktorat Pendidikan dan Agama Kementerian PPN/ BAPPENAS, 2016: Disampaikan dalam Pra-Seminar Evaluasi Program Bantuan Beasiswa Santri Berprestasi di Take’s Mansion and Hotel Jakarta, 29 September
Green & Haines, 2002: dalam Asset Building and Community Development, pengembangan model pemberdayaan ABCD melihat menguraikan Physical Capital, Finansial Capital, Environmental Capital, Technological Capital, Human Capital, Social Capital dan Spiritual Capital..
Khamami Zada, 2002: Islam Radikal: Pergulatan Ormas-ormas Islam Garis Keras di Indonesia, (Jakarta: Teraju,).
------- 2015: “Radikalisme dalam Paham Keagamaan Guru dan Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah†dalam Jurnal Penamas, Balitbang DKI Jakarta.
Jaedun Amat, 2010: Metode Penelitian Evaluasi Program, Makalah Disampaikan Pada Kegiatan Pelatihan Metode Penelitian Evaluasi Kebijakan dan Evaluasi Program Pendidikan
Leonard Rutman, 1984: Evaluation Research Methodology , New Delhi: Sege Publication India PVT. Ltd, 2 ed W. James Popham, (1981), Modern Educational Evaluation , New Jersey: Prenctice Hall Inc.
Mazen Hashem, 2006: “Contemporary Islamic Activism: The Shades of Praxis†dalam Sociology of Religion, Vol. 67, No. 1 (Spring,).
Ömer Ta, 2009: dalam “Fighting Radicalism, not ‘Terrorism’: Root Causes of an International Actor Redefined†dalam SAIS Review Vol. XXIX No. 2, (Summer–Fall).
Quintan Wiktorowicz dan Karl Kaltenthaler, 2006: dalam “Rationality of Radical Islam Political†dalam Science Quarterly, Vol. 121, No. 2, (Summer,).
Renstra Diektorat Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI tahun 2015-2019
Sentosa, A.R., dan Rochana, E, 2010: Efektifitas Sosialisasi Kebijakan Pemerintah Kota Bandar Lampung Tentang Waktu Pembuangan Sampah Sebagai Upaya Menciptakan Kebersihan Lingkungan (Studi pada Kelurahan Sepang Jaya Kota Bandar Lampung), Jurnal Sosiologi, Vol. 14, No. 1: 1-9
Taufik M Tata, (2016): PBSB dari Masa ke Masa, Makalah disampaikan dalam Pra Seminar Evaluasi Program Beasiswa Santri Berprestasi, di Take's Mansion Hotel Jakarta, 29 September.
W. James Popham, 1981: Modern Educational Evaluation , New Jersey: Prenctice Hall Inc.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
EDUKASI Â have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, EDUKASI Â recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
 EDUKASI  is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.