RELEVANSI BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERBITAN YAMIBA DENGAN KURIKULUM 2013

Authors

  • M Munawiroh Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Kementerian Agama RI

DOI:

https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i2.308

Keywords:

Relevance, Islamic Studies Book, General Higher Education, The 2013 Curriculum, Relevansi, Buku PAI, Perguruan Tinggi Umum, Kurikulum 2013

Abstract

Abstract


Textbooks that have been assessed by a Team, should have met academic requirements with regard to competence, learning process, and assessment and change of the 2013 curriculum paradigm. Based on the criteria of PAI textbooks on this PTU, this paper investigates in more detail the content presented in accordance with the demands of the 2013 Curriculum that can be categorized that this textbook is relevant to the learning process in PTU. This study uses qualitative approach with textbook as its subject. Meanwhile, the research method is descriptive, with the intent to describe, analyze and interpret the content of the research subject, namely PAI Books published by Yamiba PTU Publisher Jakarta. The result of this study concludes that this book is relevant to the 2013 curriculum, which refers to the student’s competence on the aspects of attitude, knowledge, and skills implemented in al-akhlak al-karimah while in the process of learning, this book focuses on students (student centered learning).


Abstrak


Buku teks yang telah dinilai sebuah Tim, semestinya telah memenuhi persyaratan secara akademis baik secara kompetensi, proses pembelajaran, dan penilaian serta perubahan paradigma kurikulum 2013. Berdasarkan kriteria buku teks PAI pada PTU ini, tulisan ini mengetahui lebih rinci muatan atau materi yang disajikan sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 yang dapat dikategorikan bahwa buku teks ini memiliki relevansi dengan proses pembelajaran di PTU. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dokumen buku teks sebagai subjeknya. Sedangkan metode penelitiannya yaitu metode deksriptif, dengan maksud untuk mendeksripsikan, menganalisis dan menginterpretasi content subjek penelitian yaitu Buku PAI pada PTU Penerbit Yamiba Jakarta. Hasil studi ini menyimpulkanbahwa buku ini memiliki relevansi dengan kurikulum 2013, yang mengacu pada kompetensi mahasiswa pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang implementasinya ada dalam al-akhlak al-karimah. Sementara dalam proses pembelajarannya buku ini berpusat pada mahasiswa (student centered learning).

 

References

Daftar Pustaka

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) Nomor 43 Tahun 2006 Tentang Rambu-Rambu Pelaksanaan Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama. 2014. Pedoman Umum Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Sekolah Dasar (SD), Jakarta: Dirjen PAIS Kemenag.

Gintings, Abdorrakhman. 2010. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Humaniora.

Kbbi.web.id/relevansi. Pengertian Relevansi, Diakses 17 Desember 2015.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2005. Pendidikan Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Malik, Abdul, et.al. 2009. Materi Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Departemen Agama.

Marimba, Ahmad D. 1968. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’arif.

Moleong, Lexy. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remadja Rosda Karya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian.

Permendikbud 81A Tahun 2013. tentang Implementasi kurikulum.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surakhmad, Winarno. 1998. Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode dan Teknik, Bandung: Tarsito.

Syahidin, et.al. 2009. Moral dan Kognisi Islam, Bandung: Alfabeta.

Syahidin, et.al. 2014. Pendidikan Agama Islam PTU, Jakarta: Yamiba.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa.

Uhbiyati, Nur. 1997. Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasioanl, Bab IV, Pasal 9.

Widjajanto, et.al. 2013. Perencanaan Komunikasi, Bandung: Ultimus.

Downloads

Additional Files

Published

2017-08-31

How to Cite

RELEVANSI BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERBITAN YAMIBA DENGAN KURIKULUM 2013. (2017). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 15(2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i2.308

Similar Articles

1-10 of 421

You may also start an advanced similarity search for this article.