PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN TAKHFIDZUL QUR’AN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI PONDOK PESANTREN NURUL IMAN KOTA TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i2.171Keywords:
Pendidikan, Takhfidzul Qur’an, dan Anak Usia Sekolah DasarAbstract
Tulisan ini menyajikan hasil penelitian tentang Pendidikan Takhfidzul Qur’an pada Anak Usia Sekolah Dasar. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Proses penyelenggaraan pendidikan Tahfidz al-Quran yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan, pada Rumah Tahfidz,  Pesantren Tahfidz dan TPA/TPQ di Kota Tasikmalaya, dan 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam penyelenggaraan pendidikan Takhfidzul Qur’an. Lokasi penelitian adalah di Kota Tasikmalaya, dengan sasaran penelitian adalah Pondok Pesantren Takhfidzul Qur’an, Rumah Takhfidz Darul Ilmi Cendekia, dan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA).
Jenis penelitian adalah kualitatif, dilengkapi dengan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pondok pesantren dan TPQ, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan (pengendalian), tidak memperlihatkan perbedaan yang berarti. Ketiga lembaga sudah memiliki rumusan yang jelas tentang visi, misi, tujuan, target dan strategi pendidikan, adanya pemahaman dan kejelasan akan tujuan dan kewajiban dari para pengasuh, santri dan juga orang tua. Dalam proses pembelajaran Takhfidzul Qur’an, dengan menggunakan beberapa metode dan pendekatan, sehingga anak tetap gembira dan tidak ada paksaan, tercipta dalam lingkungan pendidikan terutama di pondok. Pengawasan dilakukan setiap saat dan pada waktu-waktu tertentu yang sudah terprogram dengan jelas.Â
Downloads
References
Ahsin, W. Al Hafizh. (2000); Bimbingan Praktis Menghafal Al Qur’an, Jakarta: bumi Aksara.
Azis, Abdul & Abdul Rauf, (2004) dalam bukuinsfirasi.blogspot.com, diakses tanggal 27 Mei 2015.
Arikunto, Suharsimi., (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Badwilan Ahmad Salim, (2009). Panduan Cepat Menghafal Al Qur’an, Yogyakarta: Diva Press.
Brantas, Drs.M.Pd., (2009). Dasar-dasar Manajemen, Bandung: Alfabeta.
Departemen Agama RI, (2006). Al-Qur’an Dan Tejemahnya. Jakarta: CV. Nala dana
Hamalik, Omar, Prof.Dr., (2008). Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara.
Malayu S.P. Hasibuan, 2011, Manajemen Dasar Pertimbangan dan Masalah, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Moeleong, Lexy, (2005). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munjahid, Tanpa tahun; Strategi menghafal Al Qur’an 10 Bulan Khatam, Yogyakarta: Idea Press.
Nasution, Prof.Dr.S., (2008). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar, Jakarta:
Bumi Aksara..
Raghib al Sirjani dalam M.Sofwan – 2014 digilib.unisby.ac.id, diakses tanggal 27 Mei 2015).
Sardiman, A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 20.
Slavin, Robert E. (2011). Psikologi Pendidikan Edisi ke Sembilan. PT Indeks; Jakarta. dalam http://misbariumsida.blogspot.co.id/2014/01/fase-fase-perkembangan-anak-sekolah.html.
Sudjana, (2004), Manajemen Program Pendidikan, Bandung: Falah Production.
Sugianto, Ilham Agus. Kiat Praktis Menghafal Al Qur’an, Bandung: Munjahid press.
Syaiful. Dr.H. M.Pd., (2009) Manajemen Strategik Dalam peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Terry, George R. Ph.D dalam http://lhynnadisini.blogspot.com, 01 April 2012, diakses tanggal 04 September 2016.
Terry & Leslie, (2013). Dasar-dasar Manajemn, Penerjemah: G.A. Ticoalu, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Tisnawati, Erni Sule & Kurniawan Saefullah, (2005). Pengantar Manajemen, Jakarta: Prenada Media.
Yunus, Mahmud. (1972). Kamus Arab Indonesia, Jakarta: Hidakarya Agung.
Yusuf, Musfirotun, (2012), Manajemen Pendidikan, Pekalongan: STAIN Pekalongan Press