SISTIM PENDIDIKAN DAN PENGKAJIAN ISLAM DI PESANTREN DALAM KONTEK DINAMIKA STUDI ISLAM INTERNASIONAL
DOI:
https://doi.org/10.32729/edukasi.v13i3.245Keywords:
Educational system, pesantren, Islamic studies, International, Sistem pendidikan, studi Islam, InternasionalAbstract
Abstract
Pesantren is an educational institution that specializes in Tafaqquh fial-Din. Hence, the
educational system of the pesantren becomes knowledge source of Islam and as a place for developing moral of student. Role of the pesantren is relevant to a discourse on quality development for Human Resources of Islam followers that is designed integrative between intellectual and moral. An integration of the intellectuality and
morality constitutes an educational strength at the pesantren. Such strength makes the pesantren already contribute in the home country. Hence, if the pesantren will be “sold†to international world, it is necessary to consider aspect of the strengths. This writing tries giving an opinion on developing the pesantren in general context so that it can contribute to the Islamic studies at the international world.
Abstrak
Pesantren adalah lembaga pendidikan yang mengkhususkan dirinya untuk Tafaqquh fial-Din. Karena itu sistem pendidikan pesantren menjadi sumber pengetahuan agama Islam dan tempat pembinaan moral anak didik. Peran pesantren tersebut relevan dengan wacana pengembangan kualitas SDM umat Islam yang integratif antara
intelektual dan moral. Integrasi intelektualitas dan moralitas merupakan kekuatan pendidikan di pesantren. Kekuatan inilah yang membuat pesantren telah berkontribusi dalam pentas nasional. Oleh sebab itu jika pesantren akan “dijual†ke dunia internasional perlu dipertimbangkan aspek kekuatan-kekuatan tersebut. Tulisan ini
mencoba memberi sumbangan pemikiran kearah pengembangan pesantren secara umum agar dapat memberi sumbangsih pada studi Islam di dunia internasional.