MINAT BACA DAN PILIHAN LITERATUR KEAGAMAAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SMA DI KOTA BANDUNG

Authors

  • Agus Iswanto Balai Litbang Agama Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i2.307

Keywords:

Religious literature, Islamic religious teacher, reading interest, Bandung

Abstract

Salah satu isu yang sering mengemuka dalam dunia pendidikan Indonesia adalah tentang rendahnya minat baca, namun yang sering menjadi sorotan adalah siswa sekolah, padahal perhatian terhadap guru juga penting dalam soal penumbuhan minat baca, terlebih dalam soal agama, yang menuntut tidak hanya penguasaan guru agama akan pengetahuan agama, tetapi juga wawasan terhadap soal-soal sosial yang terkait dengan isu agama, agar mampu mengarahkan anak didik secara lebih baik dan kontekstual. Tulisan ini menyajikan hasil penelitian tentang pemahaman guru terhadap pentingnya membaca dan pilihan-pilihan literatur keagamaan mereka. Penelitian terfokus kepada guru-guru agama Islam di Kota Bandung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat guru agama di Bandun untuk membaca literatur keagamaan masih rendah, meskipun mereka memiliki kesadaran tentang pentingnya belajar agama melalui membaca. Adapun buku-buku yang dibaca masih berpusat pada buku fikih, al-Qur’an dan akidah, sedikit yang membaca buku-buku bertemakan akhlak dan sejarah. Para guru juga kurang mengikuti perkembangan buku-buku keagamaan kontemporer yang justru cenderung diminati kalangan anak muda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Amin. (1996). Studi Agama: Normativitas atau Historitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Alam, Rudy Harisyah, dkk. (2007). Akses Literatur Keagamaan pada Masyarakat Muslim. Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta.

Ary, Donald, Lucy Cheser Jacobs, Chris Sorensen. (2010). Introduction to Research in Education. Belmont: Wadsworth Cengage Learning.

Baedowi, Ahmad. (2012a). Calak Edu 1: Esai-Esai Pendidikan 2008-2012. Jakarta: Alvabet.

_____. (2012b). Calak Edu 2: Esai-Esai Pendidikan 2008-2012. Jakarta: Alvabet.

Burgess, Stephen R, Stephan Sargent, Melinda Smith, Nancy Hill, Susan Morisson. (2011). “Teachers’ Leisure Reading Habits and Knowledge of Children's Books: Do They Relate to the Teaching Practices of Elementary School Teachers?†Reading Improvement, Vol. 48, N. 2.

Clark, Christina, Kate Rumbold. (2006). “Reading for Pleasure.†National Literacy Trust, November.

Cramer, Eugene H, Camille L.Z. Blachowichz. (1980). “Teacher as Readers: An Extension of the “Impact of Reading†Survey.†Reading Horizons, Vol. 20, Iss. 4.

Creswell, John W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Fourth Edition. Boston: Pearson Education.

Dawam, Kholid. (2011). “Studi Kasus Aktual Lektur Keagamaan: Telaah Buku PAI di Tingkat SMA.†Dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam, Tim Peneliti Balai Litbang Agama Jakarta. Jakarta: Balai Litbang Agama Jakarta.

Hasan, Noorhaidi. (2012). Islam Politik di Dunia Kontemporer: Konsep, Geneologi, dan Teori. Yogyakarta: Suka Press.

Huang, Han-Chen, Yao-Huu Tsai, Shih-Hsiang Huang. (2015) “The Relevant Factors in Promoting Reading Activities in Elementary School.†International Journal of Evaluation and Research in Education, Vol. 4, No. 2.

Iswanto, Agus. (2015). “Literatur Keagamaan Aktivis Rohani Islam di Sekolah Menengah Atas (SMA), Studi Kasus di Kota Serang Propinsi Banten. Edukasi, Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, Vol. 13, No. 3.

Al-Jabiri, Muhammad ‘Abid. (2009). Bunyah al-‘Aql al-‘Arabi: Dirasah Tahliliyah Naqdiyah li Nuzhum al-Ma’rifah fi Tsaqafah al-‘Arabiyah. Beirut: Markaz Dirasat al-‘Arabiyah.

Kailani, Muh (Penyunting). (2003). Daftar Tajuk Subyek Islam dan Sistem Klasifikasi Islam: Adaptasi dan Perluasan DDC Seksi Islam. Jakarta: Departeman Agama RI, Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan Puslitbang Lektur Keagamaan, Proyek Pengkajian dan Pengembangan Lektur Pendidikan Agama.

Khairuddin, Zurina. (2013). “A Study of Student’s Reading Interest in a Second Language.†International Education Studies, Vol. 6, No. 11.

Latif, Yudi. (2005). “Partisipasi Media di Dunia Muslim: Menimbang Tesis Lerner.†Dalam Media dan Citra Muslim: Dari Spiritualitas untuk Berperang menuju Spiritualitas untuk Berdialog, diedit oleh Idi Subandy Ibrahim. Yogyakarta: Jalasutra.

McKool, Sharon S, Suzanne Gespass. (2009). “Does Jhony’s Reading Teacher Love to Read? How Teachers’ Personal Reading Habits Affect Instructional Practices.†Literacy Research and Instruction, Vol. 48, Iss. 3.

Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat. (2016). “Policy Brief: Tanggung Jawab Negara terhadap Pendidikan Agama.†Banten: Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Purves, Alan C., Richard Beach. (1972). Literature and the Reader: Research in Response to Literature, Reading Interest, and the Teaching of Literature. Urbana-Champaign: University of Illinois.

Reeve, C. D. C. (2003). “The Socratic Movement.†Dalam A Companion to The Philosophy of Education, diedit oleh Randall Curren. Malden, Oxford, dan Melbourne: Blackwell Publishing Ltd.

Rianthi, Kania. (2010). “Peningkatan Minat Baca Anak Melalui Mendongeng: Studi Kasus di Perpustakaan Pustaka Kelana Rawamangun.†Skripsi Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia.

Stake, Robert E. (2005). “Qualitative Case Studies.†Dalam The Sage Handkbook of Qualitative Research, diedit oleh Norman K. Denzin dan Yvonna S. Lincoln. Third Edition. California: Sage Publication Inc.

Wigfield, Allan, John T. Guthtrie. (1995). “Dimensions of Children’s Motivations for Reading: An Initial Study.†Reading Research Report, No. 34.

Yin, Robert K. (2003). Case Study Research: Design and Methods. London and New Delhi: Sage Publications.

Internet

Asri, Nining. (2012). “Fakta Minat Baca di Indonesia.†Didapat dari https://sahabatguru.wordpress.com/2012/08/29/fakta-minat-baca-di-indonesia/, diakses pada 1 November 2016.

Central Connecticut University. (2016). “World’s Most Literate Nations.†Didapat dari http://www.ccsu.edu/wmln/rank.html, diunduh pada 1 November 2016.

Chaudhry, Abu Abdullah Muhammed Akhtar. (1999). “Saalih Ibn Fowzaan al-Fowzaan.†Didapat dari http://www.fatwa-online.com/saalih-ibn-fowzaan/, diunduh pada 7 November 2016.

Putra, Andi Madya. (2015). “Krisis Minat Baca, Indonesia dalam Masalah.†Didapat dari http://www.kompasiana.com/andimadyaputra/krisis-minat-baca-indonesia-dalam-masalah_5535a3d66ea8342512da42d2, diunduh pada 1 November 2016.

Salahi, Adil. (2005). “Sayyid Sabiq: The Man Wrote Fiqh As-Sunnah.†Didapat dari http://www.arabnews.com/node/270389, diunduh pada 7 November 2016.

Downloads

Published

2017-08-31

How to Cite

MINAT BACA DAN PILIHAN LITERATUR KEAGAMAAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SMA DI KOTA BANDUNG. (2017). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 15(2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i2.307