DETERMINAN BUDAYA KERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN DEMAK

Authors

  • Noor Miyono Universitas PGRI Semarang
  • Rosidin Rosidin Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i3.312

Keywords:

kompetensi guru, motivasi dan budaya kerja

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru dan motivasi berprestasi terhadap budaya kerja guru Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kabupaten Demak. Populasi penelitian adalah 108 kepala MTs Swasta  dengan sampel 84 yang dipilih dengan random sampling.

Hasil penelitian menunjukkan (1) kompetensi guru berkorelasi kuat (0,753) dengan budaya kerja, pengaruh kompetensi guru terhadap budaya kerja sebesar 56,7% (2) motivasi berprestasi berkorelasi kuat (0,766) dengan budaya kerja guru, pengaruh motivasi berprestasi terhadap budaya kerja guru sebesar  44,2 % dan (3) kompetensi guru dan motivasi berprestasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap budaya kerja guru sebesar 65,2%, persamaan regresi  dengan koefisien positif  Ŷ= 34,154 + 0, 154 X1 + 0,366X2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hakim, Lukman, S, 2014. Nilai-nilai Budaya Kerja Kementerian Agama. Jakarta: Kementerian Agama RI

Hikmah, Mutiara (2014) peran kepala madrasah dalam mengembangkan Budaya sekolah di mts muhamadiyah 3Al furqan banjarmasin Jurnal: Ta’lim Muta’allim, Vol. 4, No. 8, ISSN 2088-2977 diunduh pada 21 Desember 2016

Mulyasa, E, 2003; Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mulyasa, E. 2009. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nawawi,Hadari 2003: Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan kelima, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Priansa, Donni J, 2014: Manjemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini,2006: Manajemen Pendidikan Islam, Surabaya: Elkaf.

Sugiyono, 2010. Metodologi Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta

Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Suprayogo,Imam 2004: Pendidikan Berparadigma Al-Qur’an, Aditya Media Bekerjasama dengan UIN Malang Press, Malang.

Supriyadi, Gering dan Guno Tri; 2003: Budaya Kerja Organisasi Pemerintah. Lembaga Administrasi Jakarta

Taulabi, Iman 2016; Kepemimpinan Kepala Madrasah Dan Budaya Kerja Guru Jurnal Tribakti, ISSN : 1411-9919, E-ISSN 2502-3047 Volume 27 Nomor 2 September 2016 diunduh 12 Januari 2017

Triwarti, Sri Wahyu, 2014: Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah,Motivasi Kerja Guru, Dan Budaya Sekolah Terhadapkinerja Guru SMP/MTs Di Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo Jurnal Ilmiah COPE nomor.02 Tahun VIII November 2014, diunduh 10 Desember 2016

Undang-Undang Repuplik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung, Citra

Mangkunegara, A.P (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Rosdakarya

Sardiman,A.M.2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta:Grafindo

.............., Lampiran Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 39 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pengembangan Budaya Kerja

Downloads

Additional Files

Published

2017-12-31

How to Cite

DETERMINAN BUDAYA KERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN DEMAK. (2017). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 15(3). https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i3.312