EVALUASI PENYELENGGARAAN PROGRAM WAJIB BELAJAR PENDIDIKAN DASAR PADA PONDOK PESANTREN SALAFIYAH

Authors

  • Iyoh Mastiyah Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan

DOI:

https://doi.org/10.32729/edukasi.v14i1.4

Keywords:

evaluasi, Program, Wajar Dikdas, Pesantren Salafiyah

Abstract

abstract

This study describes the degree of adherence to compulsory education program (compulsory basic education) at Pondok Pesantren Salafi (PPS).
This study was conducted in 2015 in four Provinces namely  Jakarta,  Central  Java,  East  Java  and Yogyakarta using evaluation approach. The results of data analysis showed that the Compulsory Basic Education program is seen from the dimensions of the context of having high readiness with a degree of fulfillment / suitability above 80% with regard to
both Ula and Wustha, Likewise, the dimension of the product is quite successfully shown an increase in  value  and  the  uptake  of  education,  in  which there are many students graduating from Ula and Wustha continue to pursue higher education and in  terms  of  average  scores,  scores  of  Indonesian, mathematics and science increasedin the academic
year 2014 compared to the previous academic year. However, input dimensions and process only reached the level of “sufficiently fulfilledâ€.

Keywords:  evaluation, Program, Compulsory Basic Education, Pesantren Salafiyah

abstrak

Penelitian ini menjelaskan tingkat keterlaksanaan program wajib belajar pendidikan dasar (Wajar Dikdas) pada Ponpes Salafiyah (PPS). studi ini dilakukan tahun 2015 di empat Propinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa tengah, Jawa timur dan yogyakarta dengan menggunakan pendekatan evaluasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa program wajar dikdas dilihat dari dimensi konteks mempunyai kesiapan yang tinggi dengan tingkat
keterpenuhan/kesesuaian diatas 80% baik Ula maupun Wustha, Demikian juga dimensi produk cukup berhasil yang ditunjukan adanya peningkatan nilai dan serapan pendidikan, dimana santri lulusan Ula dan Wustha banyak yang melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan dari sisi rerata nilai Bahasa Indonesia, matematika dan IPA meningkat pada
tahun ajaran 2014 dibandingkan tahun ajaran sebelumnya. Namun dari sisi dimensi input dan proses hanya mencapai tingkat cukup terpenuhi.

Kata Kunci:  evaluasi, Program, Wajar Dikdas, Pesantren Salafiyah

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-30

How to Cite

EVALUASI PENYELENGGARAAN PROGRAM WAJIB BELAJAR PENDIDIKAN DASAR PADA PONDOK PESANTREN SALAFIYAH. (2016). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 14(1). https://doi.org/10.32729/edukasi.v14i1.4