EVALUASI PENYELENGGARAAN PROGRAM WAJIB BELAJAR PENDIDIKAN DASAR PADA PONDOK PESANTREN SALAFIYAH
DOI:
https://doi.org/10.32729/edukasi.v14i1.4Keywords:
evaluasi, Program, Wajar Dikdas, Pesantren SalafiyahAbstract
abstract
This study describes the degree of adherence to compulsory education program (compulsory basic education) at Pondok Pesantren Salafi (PPS).
This study was conducted in 2015 in four Provinces namely Jakarta, Central Java, East Java and Yogyakarta using evaluation approach. The results of data analysis showed that the Compulsory Basic Education program is seen from the dimensions of the context of having high readiness with a degree of fulfillment / suitability above 80% with regard to
both Ula and Wustha, Likewise, the dimension of the product is quite successfully shown an increase in value and the uptake of education, in which there are many students graduating from Ula and Wustha continue to pursue higher education and in terms of average scores, scores of Indonesian, mathematics and science increasedin the academic
year 2014 compared to the previous academic year. However, input dimensions and process only reached the level of “sufficiently fulfilledâ€.
Keywords:Â evaluation, Program, Compulsory Basic Education, Pesantren Salafiyah
abstrak
Penelitian ini menjelaskan tingkat keterlaksanaan program wajib belajar pendidikan dasar (Wajar Dikdas) pada Ponpes Salafiyah (PPS). studi ini dilakukan tahun 2015 di empat Propinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa tengah, Jawa timur dan yogyakarta dengan menggunakan pendekatan evaluasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa program wajar dikdas dilihat dari dimensi konteks mempunyai kesiapan yang tinggi dengan tingkat
keterpenuhan/kesesuaian diatas 80% baik Ula maupun Wustha, Demikian juga dimensi produk cukup berhasil yang ditunjukan adanya peningkatan nilai dan serapan pendidikan, dimana santri lulusan Ula dan Wustha banyak yang melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan dari sisi rerata nilai Bahasa Indonesia, matematika dan IPA meningkat pada
tahun ajaran 2014 dibandingkan tahun ajaran sebelumnya. Namun dari sisi dimensi input dan proses hanya mencapai tingkat cukup terpenuhi.
Kata Kunci:Â evaluasi, Program, Wajar Dikdas, Pesantren Salafiyah
Â