BEST PRACTICE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH (SMA/SMK)

Authors

  • Lisa Diyah Ma'rifataini Puslitbang Penda Badan Litbang Agama Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32729/edukasi.v1i1.52

Abstract

PAI merupakan pendidikan yang berkaitan dengan pembentukan  jiwa spiritual dan karakter positif (akhlak) siswa. Untuk tercapainya  karakter tersebut beberapa lembaga pendidikan (sekolah) telah melaksanakan pendidikan karakter secara berhasil dengan model yang mereka kembangkan sendiri-sendiri. Sekolah inilah yang menjadi best practices dalam pelaksanaan  pendidikan karakter melalui pendidikan agama di Indonesia

Penelitian ini bertujuan mengekplorasi  keunggulan Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh 14 SMA/SMK yang tersebar di 12 Provinsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, diskusi kelompok (facus group discussion), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sangat penting dalam kelangsungan serta dukungan pengembangan kebijakan kegiatan keagamaan di sekolah, Guru PAI menjadi sentral dari keberhasilan pengembangan keagamaan dan corak berpikir keagamaan siswa, Posisi Rohis sangat strategis dalam mengembangkan generasi muda yang memiliki wawasan keagamaan yang moderat, toleran dan islam rahmatan lil alamin. Pelaksanaan tadarus pada setiap memulai pelajaran pertama, shalat duha, shalat berjamaah, pelaksanaan PHBI, Kultum setelah shalat jamaah, keputrian, pesantren kilat dan mentoring menjadi penguat atau standard dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama, 2013, Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Unggul di SMA.

James W. MD, MPH dan Mark E. Gregory, MD dalam jurnal Practice Management Vol 35, no 2 hal 131 .

Marno dan Triyo Supiyatno, 2008, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, Jakarta: Aditya

Matthew B. Miles & Huberman, A. Michael, 2007, Analisis Data Kualitatif terj. Tjetjep Rohendi Rohidi, Jakarta: UI Press,

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset

Mukhtar, 2003, Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Penerbit Misaka Galiza

Petunjuk teknis Bantuan PAI SD Unggulan lembar ke-3, diakses melalui http://www.pendis.kemenag.go.id/pai/file/dokumen/juknispaiSDunggulan2014.pdf, pada tanggal 7 Februari 2016

Rosyada,Dede, 27 Juli 2005, Pendidikan Keagamaan dalam Sistem Pendidikan Nasional, Makalah disampaikan pada Workshop “Pengembangan Lembaga Pendidikan Keagamaanâ€, Lembaga Penelitian Universitas Negeri Jakarta-Badan Litbang dan Diklat Dep. Agama,.

Sudarminto, J. dalam http://aadesanjaya.blogspot.com/2011/03/tugas-dan-fungsi-guru.html

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : Remaja Rosdakarya,.

Suyanto, dan Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global, Jakarta: PT. Erlangga

Sumarni, 2016, Best Practice Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Serang Banten, Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Volume 14

Petunjuk teknis Bantuan PAI SD Unggulan lembar ke-3, diakses melalui http://www.pendis.kemenag.go.id/pai/file/dokumen/juknispaiSDunggulan2014.pdf, pada tanggal 7 Februari 2016

Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, (Bandung : Fokus Media 2006)

Downloads

Additional Files

Published

2017-04-30

How to Cite

BEST PRACTICE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH (SMA/SMK). (2017). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 1(1). https://doi.org/10.32729/edukasi.v1i1.52