EVALUASI STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGGI PROGRAM STUDI S2 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i1.552Keywords:
Evaluation SNPT, Postgraduate student of Islamic Study Program, PTKI, Evaluasi SNPT, Prodi S2 PAIAbstract
Abstract
The potential of Islamic Religious Colleges (PTKI) is to create the competitive and competent generation internationally. The problem now is that PTKI needs to strengthen the academic, such as Human Resources (HR) that qualified and professional; learning that keeps standards; good governance; research and publication; adequate program funding. This study uses a qualitative approach, through observation, interviews, and documentation. The study was conducted in 12 provinces which spread across 10 State Islamic Religious Colleges (PTKIN) and 5 Private Islamic Religious Colleges (PTKIS). The result of this research is the postgraduate management in PTKI under the university and faculty are; The PTKI is not evenly obliging the students to publish their journals before graduate; the average of postgraduate in Islamic religion curriculum is 42 credits; lecturers Homebase do not yet have a special room, they are still in the faculty; the research performance of PTKI lecturers has not been maximized; PTKI lecturer proceedings are still weak to publish the journals in national and international. The interest of postgraduate student in Islamic study program is very high. Recommended: (1) Opening the new of study program either at the faculty or the postgraduate level. It's have to be accompanied by the recruitment of lecturers, so the study program will not lack of lecturers which result in lecturers home based mismatch; (2) providing the number and quality of classrooms, lecture rooms, and acceleration programs for lecturers; (3) allocating adequate lecturer research funds; (4) conduct structured and scheduled thesis guidance; (5) writing and thesis guidance can begin in the second semester.
Â
Abstrak
Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) memiliki potensi untuk melahirkan generasi berdaya saing dan berkompetensi internasional. Saat ini PTKI perlu melakukan berbagai penguatan akademik, seperti  Sumber Daya Manusia (SDM) yang qualified dan profesional; pembelajaran yang memenuhi standar; tata kelola yang baik; riset dan publikasi; pendanaan program yang memadai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di 12 provinsi yang tersebar pada 10 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan 5 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS). Penelitian ini menghasilkan pengelolaan pascasarjana di PTKI dibawah universitas dan fakultas; belum seluruh PTKI mewajibkan mahasiswanya untuk mempublikasikan jurnal sebelum lulus; kurikulum S2 PAI rata-rata 42 SKS; dosen homebase belum memiliki ruangan khusus, masih berada di fakultas; kinerja penelitian dosen PTKI belum maksimal; publikasi pada jurnal nasional, internasional dan prosiding dosen PTKI masih lemah; minat mahasiswa terhadap prodi S2 PAI sangat tinggi. Direkomendasikan: (1) pembukaan prodi S2 baru baik di fakultas atau di pascasarjana harus disertai perekrutan dosen sehingga prodi tidak kekurangan dosen yang berakibat dosen home based mismatch; (2) menyediakan jumlah dan mutu ruang kelas, ruangan dosen, dan program akselerasi bagi dosen; (3) alokasi dana penelitian dosen; (4) melakukan bimbingan tesis secara terstruktur dan terjadwal; (5) penulisan dan bimbingan tesis dapat dimulai pada semester dua.
Downloads
References
Arikunto, S. 1992. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Asmawi, M. R. “Strategi Meningkatkan Lulusan Bermutu di Perguruan Tinggiâ€, Makara, Sosial Humaniora, Vol. 9, No. 2, Desember 2005
Djoko, R., dan Rchardus Eko Indrajit. 2004. Manajemen Perguruan Tinggi Modern, Jakarta: Atma Jaya dan Perbanas
Effendi, S. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES
Fadzul, S. 2017. “Pendidikan Islam ASEAN dan Daya Saing Sumberdaya Manusiaâ€, dalam Amsal Bakhtiar, dkk. Strengthening The Competitiveness of ASEAN Islamic Education Institutions, Jakarta: Puslitbang Penda Kemenag RI
Fattah, N. 2013. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Fauzi, Ahmad. “Human Resource Management dalam Meningkatkan Mutu Dosen PTKISâ€, At-Ta’lim, Volume 4, Nomor 1, Januari 2018
Haqqi, A. Raden Aji. “The Establishment of ASEAN Islamic Universities Network: An Appraisalâ€, dalam Amsal Bakhtiar, dkk. 2017. Strengthening The Competitiveness of ASEAN Islamic Education Institutions, Jakarta: Puslitbang Penda Kemenag RI
http://www.accnmedia.com/2017/10/24/pascasarjana-uin-syahid-jakarta-perkuat-riset/, diakses pada tanggal 15 Januari 2018.
http://www.uinjkt.ac.id/id/program-pascasarjana/, diakses pada tanggal 8 Januari 2018.
Hujair A. H. Sanaky. 2008. “Permasalahan dan Penataan Pendidikan Islam Menuju Pendidikan yang Bermutu, †El-Tarbawi, No. 1, Vol. 1.
Jurnal At-Taqaddum, Volume 9, Nomor 1, Juli 2017
Kurniadin, Didin., dan Imam Machali, 2012. Manajemen Pendidikan Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media
Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 1997. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Nuraeni. “Perancangan Sistem Informasi Penjaminan Mutu PTâ€, Journal of Information System, Vol. 6, Issues 1, April 2010
Profil Pendidikan Tinggi Islam “Statistik Pendidikan Tinggi Islam†Tahun Pelajaran 2014-2015. 2015. Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Direktirat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI,
Profil Pendidikan Tinggi Islam “Statistik Pendidikan Tinggi Islam†Tahun Pelajaran 2014-2015. 2015. Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Direktirat Jenderal PendidikanIslam Kementerian Agama RI
Profil Pendidikan Tinggi Islam, “Statistik Pendidikan Tinggi Islamâ€, Tahun Pelajaran 2014-2015. 2015. Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Direktirat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI,
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2015. Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan. Jakarta: Bumi Aksara
Sule, Erni Tisnawati. dan Kurniwan Saefullah. 2009. Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana Perdana Media Goup
Sumardjoko, Bambang. “Faktor-faktor Determinan Peran Dosen dalam Penjaminan Mutu Perguruan Tinggiâ€, Cakrawala Pendidikan, November 2010, Th XXIX, No. 3
Tim Pengembang SPMI. Permenristekdikti RI Nomor 44 Tahun 2015. 2016. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Direkjtorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Penjaminan Mutu.
Usman, Husain. 2006. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara