MODEL PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA DI PERGURUAN TINGGI: STUDI KASUS DI UNIVERSITAS SERANG RAYA

Authors

  • Siti Muhibah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i1.683

Keywords:

Character, Habituation, Education, Karakter, Pembiasaan, Pendidikan

Abstract

Abstract

This study aims to determine the pattern of character education development in Islamic Religious Education. The study was conducted at Serang Raya University, Banten in 2019, using a qualitative approach. Data obtained by interview, observation and document techniques. Interviews were conducted with the leaders of the college campus administration staff, religious education lecturers, and students. The results of this study found that the development of character education was implemented through learning in the classroom and student activities, using interactive discussion methods, habituation, exemplary and discipline. The availability of PAI lecturers and campus facilities is a supporting factor for the implementation of character education. In contrast, the inhibiting factors include attitudes and behaviours of students who are less severe in participating in religious activities because they are more focused on science development activities, as well as heterogeneous students.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengembangan pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian di lakukan di Universitas Serang Raya, Banten pada tahun 2019, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan dokumen. Wawancara dilakukan kepada pimpinan perguruan tinggi staf administrasi kampus, dosen pendidikan agama, dan mahasiswa. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pengembangan  pendidikan karakter diimplementasikan melalui pembelajaran di kelas dan  melalui kegiatan kemahasiswaan, dengan menggunakan metode diskusi interaktif, pembiasaan, keteladanan dan kedisiplinan. Ketersediaan dosen PAI dan fasilitas kampus merupakan faktor pendukung dari implementasi pendidikan karakter. Sementara faktor penghambat meliputi sikap dan perilaku mahasiswa yang kurang serius mengikuti kegiatan keagamaan karena lebih fokus kepada kegiatan pengembangan sains, serta adanya mahasiswa yang heterogen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, F. J. (1988) Azaz-azaz Pendidikan Islam. Bandung: Diponegoro.

Abdul, M. and Dian, A. (2011) Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ahmad, M. (2010) Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media Grup.

Ahmad, M. (2015) Model Pengembangan Pendidikan Karakter: Studi pada SMP di kota Samarinda. Samarinda.

Ahmad, T. (2005) Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dadang, K. (2000) Metode Penelitian Agama (Perspektif Ilmu Perbandingan Agama). Bandung: Pustaka Setia.

Dharma, K. (2011) Pendidikan Karakter: Kajian, Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: Ramaja Rosdakarya.

Erfan, P. (2011) ‘Penerapan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran sebagai salah satu wujud Profesionalisme Guru’, Jurnal Cakrawala Pendidikan, 30(edisi khusus), p. 179.

Faiqoh and Sahal, M. (2015) ‘Model Pembentukan Karakter Religius Santri Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Mathali’ul Huda Pusat Kajen Pati’, Edukasi; Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan2, 13(3), p. 350.

Fitriani, N. (2015) ‘Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Agama ISlam di SDIT Luqmanul Hakim Bandung’, Jurnal Tarbawy, 2(1), p. 26.

Furqon, H. (2010) Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surabaya: Yuma Pustaka.

Hasan, B. and Zulfaizah (2018) ‘Revitalisasi Pendidikan Agama dalam Pembentukan Karakter PEserta Didik di Madrasah’, Jurnal Elementary, 6(1), p. 48.

Hendro, D. (2010) Kamus Ilmiah Populer Lengkap. Yogyakarta: Bintang Cemerlang.

Herizon (2012) Penerapan Karakter Kedisiplinan dan Tanggung Jawab terhadap Peserta didik dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMAN Tempel Sleman. UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta.

Indonesia, P. (2003) Undang - Undang Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia.

Jalaluddin (2001) Teologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Kemendikbud, R. (2011) Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. 1st edn. Edited by P. Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud.

Muchlas, S. H. (2012) Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhsinin (2013) ‘Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam untuk Membentuk Karakter Siswa yang Toleran’, Jurnal Edukasia, 8(2).

Muin, A. (2013) ‘Penguatan Karakter Melalui Pendidikan Islam di TK Mawaddah Kota Banjarmasin’, Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 11(2).

Mukhlisin, N. (2015) ‘Pengembangan PAI Berbasis Pendidikan Karakter’, Inovatif, 1(2), p. 44.

Muzayanah, U. (2014) ‘Strategi Pendidikan Karakter pada Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 01 Purbalingga, Jawa Tengah’, Edukasi; Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 12(3), p. 399.

Nizar, R. (2009) Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Nur, A. (2009) Orientasi Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pergu ruan Tinggi. Malang: UIN Maliki.

Nur, A. (2013) ‘Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam’, Jurnal Al-Ulum, 13(1), p. 28.

Nur, U. (1998) Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Pemerintah, P. (2007) Pendidikan Agama dan Keagamaan. Indonesia.

Perbukuan, P. K. dan (2011) Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta.

Purwaningsih, Rianawati and Kartini (2018) ‘Internalisasi Nilai-Nilai Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Sungai Raya’, JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1), p. 122.

Pusat Kurikulum, D. (2010) Kebijakan Pendidikan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemdiknas.

Ratna, M. (2004) Pendidikan Karakter: Solusi Tepat untuk Membangun Bangsa. Bogor: Heritage Foundation.

Rosa, S. (2013) ‘Penerapan Pendidikan Karakter di Kalangan Mahasiswa’, Jurnal Al-Ta’lim, 1(6), p. 480.

Saliman, Widiastuti, A. and Wulandari, T. (2013) ‘Persepsi dan Sikap Mahasiswa terhadap Pendidikan Karakter di Prodi Pendidikan IPS UNY’, Social: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1).

Syam, S. D. (2019) ‘Pendidikan Karakter di UNSERA’.

Thomas, L. (1991) Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Newyork: Bantam Books.

Wagiran (2012) ‘Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama’, Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), p. 34.

Wiyani (2012) Manajemen Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: Pegagja.

Downloads

Additional Files

Published

2020-04-27

How to Cite

MODEL PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA DI PERGURUAN TINGGI: STUDI KASUS DI UNIVERSITAS SERANG RAYA. (2020). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(1), 54-69. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i1.683