Sistem Pendidikan Kuttab Al Jazary Sebagai Representasi Pendidikan Islam Klasik
DOI:
https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i2.763Keywords:
Classic, Islamic education, Klasik, Kuttab Al Jazary, Pendidikan IslamAbstract
Abstract
The existence of Kuttab in Indonesia has recently begun to grow and develop in several regions. Starting with the establishment of Kuttab Al-Fatih in Depok and then opened branches in 22 cities, other Kuttab began to appear, one of them was Kuttab Al Jazary Surakarta. This research aims to describe the education system of Kuttab Al Jazary, including curriculum and learning methods that represent Classical Islamic education. Using qualitative methodologies, this study obtained several findings. First, the education system in Kuttab Al Jazary consists of Qur'anic education, moral education, and science education. The three education systems are representations of classical Islamic education that were implemented in the Kuttab at the beginning of Islamic development. Secondly, the learning method applied is dominated by the halaqah method especially for learning the Alquran, while the classical approach is used for learning syar'i and science.
Â
Abstrak
Keberadaan Kuttab di Indonesia akhir-akhir ini mulai tumbuh dan berkembang di beberapa wilayah. Berawal dari berdirinya Kuttab Al-Fatih di Depok yang kemudian membuka cabang di 22 kota, kuttab-kuttab lain pun mulai bermunculan, salah satunya adalah Kuttab Al Jazary di Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem pendidikan Kuttab Al Jazary, mencakup kurikulum dan metode pembelajaran yang merepresentasikan pendidikan Islam Klasik. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini menghasilkan beberapa temuan. Pertama¸ sistem pendidikan pada Kuttab Al Jazary terdiri dari pendidikan Alquran, pendidikan adab, dan pendidikan ilmu. Ketiga sistem pendidikan tersebut merupakan representasi dari pendidikan Islam klasik yang diterapkan di kuttab-kuttab pada awal perkembangan Islam. Kedua, metode pembelajaran yang diterapkan didominasi oleh metode halaqah khususnya untuk pembelajaran Alquran, sedangkan metode klasikal dilakukan untuk pembelajaran ilmu syar’i dan ilmu umum.
Downloads
References
Batubara, H. H. and Ariani, D. N. (2016) ‘Kuttab sebagai Potret Pendidikan Dasar Periode Klasik’, Muallimuna, 1(2), pp. 98–111. doi: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v1i2.388.
Beatrix, S. et al (2014) Quick Wins Percepat Langkah Kemenangan. Jakarta: Mizan Digital Publishing.
Chaer, M. T. (2015) ‘Kuttab; Lembaga Pendidikan Islam Klasik’, Al-Murabbi, 1(2), pp. 23–32.
Daulay, H. P. (2012) Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Daulay, H. P. and Pasa, N. (2016) Pendidikan Islam dalam Lintasan Sejarah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Daylis, D. S. (2019) Manajemen Perencanaan Kurikulum Al Fatih Tangerang Selatan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
El-Bantanie, M. S. (2018) Menyoal Masa Depan Sekolah Formal Konvensional. Available at: https://republika.co.id/berita/p24txd396/menyoal-masa-depan-sekolah-formal-konvensional (Accessed: 17 December 2019).
Fahruddin, M. M. (2010) ‘Kuttab: Madrasah pada Masa Awal (Umayyah) Pendidikan Islam’, Madrasah, II(2), pp. 207–221. doi: http://dx.doi.org/10.18860/jt.v2i2.1822.
Fathurrahman (2017) ‘Eksistensi Kuttab dan Masjid sebagai Institusi Pendidikan Pada Masa Pertumbuhan Islam’, Jurnal Ilmiah Kreatif, XIV(1), pp. 56–74.
Hidayat, F. (2017) ‘Pertumbuhan Ideologi Pendidikan di Era Reformasi (Kajian terhadap Ideologi Pendidikan di Kuttab Al-Fatih Purwokerto)’, Literasi, VIII(2), pp. 85–98. doi: //dx.doi.org/10.21927/literasi.2017.8(2).85-98.
Idi, A. (2015) Dinamika Sosiologi Indonesia. Yogyakarta: LKiS Printing Cemerlang.
Kuttab Al-Fatih (2020). Available at: https://www.kuttabalfatih.com/ (Accessed: 16 January 2020).
Kuttab Al Jazary (2019). Available at: https://jicsolo.com/kuttab-al-jazary/ (Accessed: 16 January 2020).
Mahasnah, M. H. (2016) Sejarah Peradaban Islam. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.
Makdisi, G. A. (2005) Cita Humanisme Islam. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.
Masyhuri, S. (2007) ‘Transformasi Tradisi Keilmuan dalam Islam: Melacak Akar Kemunculan dan Perkembangan Institusi Pendidikan Islam’, Hunafa, 4(3), pp. 227–236. doi: https://doi.org/10.24239/jsi.v4i3.215.227-236.
Muspiroh, N. (2019) ‘Kuttab sebagai Pendidikan Dasar Islam dan Peletak Dasar Literasi’, Tamaddun, 7(1), pp. 169–192. doi: 10.24235/tamaddun.v7i1.4506.
Nata, A. (2003) Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Nata, A. (2010) Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nizar, S. (2013) Sejarah Sosial dan Dinamika Intelektual Pendidikan Islam di Nusantara. Jakarta: Kencana.
Profil Kuttab Al Jazary (2019). Surakarta.
Putra, A. A. R. (2012) Hope, Dream, Desire, Destiny. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Putranto, S. D. (2016) Sistem Pendidikan Islam Model Kuttab. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Qawi, A. (2017) ‘Peningkatan Prestasi Belajar Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Di MTsN Gampong Teungoh Aceh Utara’, Islam Futura, 16(2), pp. 265–283. doi: http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v16i2.1327.
Rahman, K. (2018) ‘Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia’, Tarbiyatuna, 2(1), pp. 1–14.
Ramadhan, I. W. (2019) ‘Pendidikan Islam Model Kuttab dan Maktab’, in Syarif, Z. (ed.) Sejarah Sosial dan Intelektual Pendidikan Islam. Batu: Literasi Nusantara.
Rouf, M. (2016) ‘Memahami Tipologi Pesantren dan Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia’, Tadarus, Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), pp. 68–92.
Saputri, A. D. (2017) Reaktualisasi Kuttab dalam Pendidikan Islam di Sekolah Tahfidz Tingkat Dasar Tabarok Surakarta. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Siroj, S. A. (2006) Tasawuf sebagai Kritik Sosial. Bandung: Mizan Pustaka.
Suwendra, I. W. (2018) Metode Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. Badung: Nilacakra.
Syarifuddin, A. (2004) Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Quran. Jakarta: Gema Insani Press.
Tentang Rumah Tahfidz (2020). Available at: http://rumahtahfidz.or.id/profil/rumah/tahfidz/ (Accessed: 16 January 2020).
Ulwiyah, N., Maftuhatin, L. and Samsukadi, M. (2018) ‘Implementation of Islamic Character Education with Intervention Approach and Micro Habituation of Education In Kuttab Al Fatih Jombang’, Didaktika Religia, 6(2), pp. 245–272. doi: 10.30762/didaktika.v6i2.1106.
Umar, H. (2003) Metode Riset Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Umar, S. (2019) Pendidikan Masyarakat Berbasis Masjid. Yogyakarta: Deepublish.
Yaman, B. and Gultom, F. B. (2017) ‘Islamic Education System: Implementation of Curriculum Kuttab Al-Fatih SemarangNo Title’, World Academy of Science, Engineering and Technology International Journal of Educational and Pedagogical Sciences, 11(12), pp. 2792–2798. doi: 10.5281/zenodo.1314881.
Zuhdi, A. (2012) ‘Madrasah sebagai Tipologi Lembaga Pendidikan Islam (Kajian tentang Berbagai Model Madrasah Unggulan)’, Madrasah, 5(1), pp. 1–8. doi: http://dx.doi.org/10.18860/jt.v0i0.2230.