Evaluasi Penyelenggaraan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i3.899Keywords:
Evaluation, Implementation, MAN IC, Evaluasi, Penyelenggaraan, Madrasah Aliyah Negeri Insan CendikiaAbstract
Abstract
This paper aims to evaluate madrasas that have been designed to have advantages in terms of input, process, output, and outcome, namely Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) Batam City. This research uses a qualitative approach. The research informants were the Head and Deputy Head of MAN IC Batam City, Head of Administration, teachers, students, and parents of students. The data analysis used a qualitative descriptive technique. The results showed that the implementation of MAN IC Batam City, in general, has been running by the Guidelines for Managing Cendikia Insan MAN. The recruitment process for students and teaching and education staff is carried out under established procedures. However, there are still problems, especially in the presence of educators. The status of teachers who are accepted by MAN IC is permanent teachers, not civil servants, making them take the opportunity to take the CPNS test. When accepted by civil servants they were not placed in the MAN IC Batam City. It is feared that changing teachers often will have an impact on students. Infrastructure facilities that support the teaching and learning process at a minimum have also been fulfilled. However, teacher dormitory is far from being fulfilled. The output produced by MAN IC Batam has been good, becoming the best madrasa and many achievements have been made in three years, both academic and non-academic achievements.
Â
Abstrak
Tulisan ini bertujuan untuk mengevaluasi madrasah yang sejak awal pendiriannya didesain memiliki keunggulan baik dari sisi input, proses, output maupun outcome yaitu Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) Kota Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian adalah Kepala dan wakil kepala MAN IC Kota Batam, Kepala Tata Usaha, guru, peserta didik, dan orang tua siswa. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan MAN IC Kota Batam secara umum telah berjalan sesuai dengan Pedoman Penyelenggaraan MAN Insan Cendikia. Proses rekriutmen siswa dan tenaga pendidik dan kependidikan berjalan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Namun masih ada permasalahan khususnya pada keberadaan tenaga pendidik. Status guru yang diterima MAN IC adalah guru tetap bukan PNS membuat mereka mengambil kesempatan mengikuti tes CPNS. Ketika diterima PNS mereka tidak ditempatkan di MAN IC Kota Batam. Seringnya berganti guru dikhawatirkan akan berdampak pada peserta didik. Sarana prasarana yang menunjang proses belajar mengajar secara minimal juga sudah terpenuhi. Namun untuk asrama guru masih jauh dari terpenuhi. Output yang dihasilkan MAN IC Batam sudah baik, menjadi madrasah terbaik dan banyak prestasi yang sudah diraih dalam tiga tahun baik prestasi akademik maupun non akademik.
Downloads
References
Islamic Education school year 2019/2020). Jakarta.
Agustanico Dwi Muryadi (2017) ‘MODEL EVALUASI PROGRAM DALAM PENELITIAN EVALUASI’, http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/538/522, 1(1), pp. 1–10. doi: 10.1037/0022-3514.51.6.1173.
Arikunto, S. (2010) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Darmadji, A. (2010) ‘EVALUASI PROGRAM MAN MODEL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU’, Millah, IX(2), pp. 269–286. Available at: https://journal.uii.ac.id/Millah/article/view/5220/4658.
Evi, S. (2019) ‘Evaluasi Program Pendidikan Terkemuka’, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 17(2).
Harahap, E. (2018) ‘Manajemen Madrasah Berprestasi, Mandiri, Islami dan Berdaya Saing Global’, Al Aslah, 2. Available at: StaimaarifJambi.ac.id.
Hayadin (2019) ‘Orientasi Pilihan Studi dan Profesi Siswa MAN IC Serpong’, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 17(1).
Indriani, F. and Satrianawati (2018) ‘Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Di Sd’, Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), pp. 143–154. Available at: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/15426/pdf.
Jeffrey Hill, E. (2008) EVALUATION MODELS Viewpoints on Education and Human Services Evaluation. 2nd edn. Edited by G. F. Madaus, C. Hill, and D. L. Stufflebeam. doi: 10.1080/13668800802172576.
Lazwardi, D. (2017) ‘Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Di Tingkat Sekolah Dasar Dan Menengah’, Kependidikan Islam, 7(2), pp. 67–79. Available at: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh.
Maimun, M. (2016) ‘Evaluasi Program Kelas Unggulan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Punia Mataram’, eL-HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), pp. 143–156. doi: 10.20414/elhikmah.v10i2.221.
Muhaimin (2019) Manajemen Kepala Madrasah Dalam Sistem Penjaminan Mutu Madarsah (Studi Kasus di MAN IC Pekalongan). IAIN Salatiga.
Muhammad Murtadlo (2018) Dinamika Sejarah Madrasah di Asia Tenggara. Edited by R. Cecep Romli. Jakarta: Pesagirimandiri Perkasa.
Munawiroh, M. (2013) ‘Evaluasi Penyelenggaran Madrasah Tsanawiyah Satu Atap (MTS-SA) Sabilul Muttaqien Pamekasan Jawa Timur’, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 11(3). Available at: https://jurnaledukasikemenag.org/index.php/edukasi/article/view/420/359 (Accessed: 27 August 2018).
Munthe, A. P. (2015) ‘PENTINGYA EVALUASI PROGRAM DI INSTITUSI PENDIDIKAN: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat’, Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), p. 1. doi: 10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14.
Murtadlo, M. (2017a) Reorientasi Manajemen Madrasah. Jakarta: Pustaka Cendekiamuda.
Murtadlo, M. (2017b) Strategi Pembiayaan Pendidikan di Madrasah. Pertama. Jakarta: Pustaka Cendekiamuda.
Muzayanah (2011) Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Teknologi Pendidikan UNJ.
Najamuddin (2020) ‘Effective School Management At MAN IC Gorontalo. Lentera Pendidikan’, 23(1).
Nurhalimah, S. (2019) Manajemen Prestasi Siswa MAN IC Kota Kendari. IAIN Kendari.
Nurudin (2017) Madrasah dan Otonomi Daerah ; Analisis Kebijakan Pendidikan. Edited by J. Musfah. Jakarta: Pustaka Cendekiamuda.
Rosyada, D. (2013) Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Prenandamedia Group.
Rosyada, D. (2017) Madrasah dan Profesionalisme Guru Dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah. pertama. Edited by Murodi, Z. Muttaqin, and L. R. Fikri. Jakarta: Kencana.
Rusman (2011) Model Model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru. ke 2. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Subhan, A. (2012) Lembaga Pendidikan Islam Indonesia Abad ke-20; Pergumulan antara Modernisasi dan Identitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sukardi (2014) Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukarno, M. (2014) ‘Mengembangkan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Untuk Menjawab Tantangan Modernisasi, Demokratisasi dan Globalisasi’.
Taufik, O. A. (2014) ‘Determinasi Madrasah Efektif’, Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 21(2), pp. 38–50. doi: 10.17509/jap.v21i2.6674.
Wirawan (2011) Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Wirawan (2017) Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia (Teori, Aplikasi, dan Penelitian). Jakarta: Salemba Empat.
Yarbrough, D. B. (2010) ‘Joint Committee on Standards for Educational Evaluation: The Program Standards: A Guide for Evaluators and Evaluation Users’, in. California: Sage Publication.
Zainuddin (2016) EVALUASI PROGRAM PENYELENGGARAAN MADRASAH ALIYAH NEGERI DI ACEH TIMUR. Januari-Juni. Available at: https://media.neliti.com/media/publications/155859-ID-none.pdf (Accessed: 31 August 2018).