PENGARUH DIKLAT TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Junaidi Junaidi Widyaiswara Madya Balai Diklat Keagamaan Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32729/edukasi.v13i1.232

Keywords:

Effect, Training Additional Tasks, Com petence, Pengaruh, Diklat Tugas Tambahan, kompetensi

Abstract

Abstract
This study aims to determine the extent of the increased competence of madrasah principals related to additional tasks of Madrasah Ibtidaiyah principals batch IV and V after attending training organized by the training center in 2015. The experimental design used in this study is one group pretest - posttest design that provides pre-test and post-test after a treatment. The sample was saturated sample in which the sample is all the population of the participants of the additional task debriefing  task  for  madrasah  principals  batch  IV and batch V. Normality the test is done to determine the distribution of normal distribution of data or not. This study uses an analytical method with small samples (≤ 50), the test data normality using the  Shapiro-Wilk  test  with  the  confidence  value used of 0.95 and significance value of α = 0.05. To view whether the data distribution is normal or not is done if the p value is > 0.05 the data distribution is normal and when the p value is <0.05 then the data distribution is not normal. Results of the data analysis  determines  the  effect  of  the  training  on the competency of principals, it appears that the average difference of competence of principals in batch IV and batch V before and after the training is 70.2000. The Mann Whitney test results showed that the p-value is 0.000 <α (0.05). It is concluded that the training has effect on the competence of principals.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kompetensi kepala madrasah terkait dengan tugas tambahan kepala madrasah Ibtidaiyah angkatan IV dan V setelah mengikuti diklat yang diselenggarakan oleh balai diklat pada
tahun 2015. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk one group pretest – posttest design yaitu memberikan prestest dan posttest setelah di berikan treatment/perlakuan. Sampel penelitian ini adalah sampel jenuh di mana sampelnya adalah semua populasi yaitu peserta diklat substansi pembekalan tugas pembekalan tugas tambahan kepala madrasah angkatan IV dan V. Uji normalitas dilakukan untuk mengetahui sebaran data berdistribusi normal atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan sampel
kecil (≤ 50) maka uji normalitas data menggunakan uji shapiro-wilk dengan ketentuan nilai keyakinan yang dipakai adalah 0,95 dan nilai kemaknaan α = 0,05. Untuk melihat distribusi data normal atau tidak dengan cara, jika p value > 0,05 maka distribusi data normal dan bila p value < 0,05 maka distribusi data tidak normal. Hasil analisis data mengetahui pengaruh diklat terhadap kompetensi kepala madrasah, terlihat bahwa selisih rata-rata kompetensi kepala madrasah angkatan IV dan V sebelum dan sesudah diberikan diklat sebesar 70,2000. Hasil uji
Mann whitney menunjukkan bahwa p-value sebesar 0,000 < α (0,05). Disimpulkan bahwa ada pengaruh diklat terhadap kompetensi kepala madrasah.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-04-30

How to Cite

PENGARUH DIKLAT TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH. (2015). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 13(1). https://doi.org/10.32729/edukasi.v13i1.232