BUDAYA MENELITI SISWA MADRASAH MELALUI MADRASAH YOUNG RESEARCHERS SUPER CAMP

Authors

  • Saimroh Saimroh Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta
  • Abdul Basid Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i1.821

Keywords:

Evaluation, Madrasah, MYRES, Research culture, Budaya meneliti, Evaluasi

Abstract

Abstract

This paper is based on a program evaluation of Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES). This program is a superior program from the directorate of Islamic education, Ministry of Religion Affairs since 2018. The evaluation aims to view program effectiveness for the past 2 years and giving feedback for improvement in the future.  This research uses CIPP as an evaluating tool. Data had been collected from September 2019 using observation, interviews, questionnaires, and document analysis. By contextual analysis, the evaluation result shows that MYRES is aligned with regulation and people’s needs. Input Evaluation shows that in general, input goals are in a good category with some improvement notes on user guidance, Grand Final Committee, research funding, and winner’s development. Process evaluation shows that all stages executed in MYRES are generally well with some improvement notes on the socializing stage, exhibition location, expo, and presentation exam. Product evaluation shows that in general, MYRES's goal to develop research culture in Madrasah Student is well accomplished. This evaluation recommends MYRES to be continued with improvement as Indonesia Ministry Of Religion Affair’s superior program.

 

Abstrak

Tulisan ini merupakan hasil penelitian evaluasi program Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES) yang merupakan salah satu program unggulan dari Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama. Program ini digelar sejak tahun 2018. Evaluasi ini bertujuan untuk melihat efektifitas program yang sudah berjalan dua tahun guna memberikan masukan untuk perbaikan program yang akan datang. Penelitian menggunakan metode evaluasi CIPP (contex, input, process, product). Pengumpulan data dilakukan pada bulan September 2019 dengan teknik observasi, wawancara, angket dan studi dokumen. Hasil evaluasi konteks menunjukkan bahwa pelaksanaan program MYRES sudah sesuai dengan amanat Undang-undang nomor 20 Tahun 2003 dan Permendiknas Nomor 39 Tahun 2008 serta dibutuhkan masyarakat madrasah. Evaluasi input program mencapai hasil baik dengan beberapa masukan pada juknis, koordinasi panitia, pembiayaan penelitian dan hadiah untuk pemenang. Evaluasi proses menunjukkan hasil yang baik dengan masukan perbaikan pada sosialisasi, lokasi pameran, dan standarisasi pameran dan ujian presentasi. Evaluasi produk membuktikan bahwa program MYRES efektif untuk menumbuhkembangkan budaya meneliti pada siswa madrasah. Hasil evaluasi ini merekomendasikan agar program MYRES dapat dilanjutkan dengan perbaikan sebagai program unggulan Kementerian Agama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2010). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan (Edisi Kedua). Jakarta : Bumi Aksara.

Badrujaman A. (2011). Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan Konseling. Jakarta: Indeks.

Beritaekspres.com. (2015). Prestasi Madrasah Kian Menonjol, 9 Hasil Penelitian Siswa MTsN 2 Kediri Tercatat di HKI. 31 Juli 2015. http://www.beritaekspres.com/2015/07/31/prestasi-madrasah-kian-menonjol-9-hasil-penelitian-siswa-mtsn-2-kediri-tercatat-di-hki/ (diakses, 1 Nopember 2019).

Handoko, L. T. (2019). Inilah Pemenang Kompetisi Ilmiah LIPI Tahun 2019. 26 Oktober 2019. http://lipi.go.id/berita/Inilah-Pemenang-Kompetisi-Ilmiah-LIPI-Tahun-2019/21839 (diakses, 1 November 2019)

Hasanah, F. (2017). Inilah Hasil Riset Siswa Madrasah di Malang Yang Berhasil Raih Penghargaan Pada Ajang IYIA 2017. 04 Oktober 2017. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/ 0/04/inilah-hasil-penelitian-siswa-madrasah-di-malang-yang-berhasil-raih-penghargaan-pada-ajang-iyia-2017/ (diakses 7 Februari 2020)

Hidayati, Umul. (2019). Inovasi Madrasah Melalui Penyelenggaraan Madrasah Riset. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. Volume 17(3), 2019, 238-255. https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i3.636

Ibnu Salman. (2016). Evaluasi Program Ekstrakurikuler Seni Keagamaan Di MAN 8 Jakarta. Penelitian Keagamaan Dan Kemasyarakatan (PENAMAS). Volume 29, Nomor 2, Juli-September 2016

Maarif, F. (2020). Siswa Madrasah Raih Prestasi di Kompetisi Penelitian Internasional. http://www.monitorday.com/siswa-madrasah-raih-prestasi-di-kompetisi-penelitian-internasional (diakses 7 Februari 2020)

Oebaidillah, S. (2018). Kompetisi Sains Madrasah 2018 Terima Ratusan Proposal Peserta. 22 Mei 2018. https://mediaindonesia.com/read/detail/162549-kompetisi-sains-madrasah-2018-terima-ratusan-proposal-peserta (diakses 26 Februari 2020)

Stufflebeam, D.L., Coryn, C. L. . (2014). Evaluation: Theory, Models, & Application (Second Edition). San Fransisco: Jossey-Bass.

Stufflebeam, D.L., Madaus, G.F., Scriven, M. . (1983). Evaluation Models: Viewpoints on Educational and Human Service Evaluation. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing.

Sudjana Nana dan Ibrahim. (2004). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tayibnapis, F. Y. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: Rineka CIpta.

Widoyoko, S. E. P. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wisnubro. (2019). MAN II Malang Raih Emas dan Perunggu Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2019. https://jpp.go.id/humaniora/pendidikan/338063-man-ii-malang-raih-emas-dan-perunggu-olimpiade-penelitian-siswa-indonesia-2019 (diakses 1 Nopember 2019)

Yunelia, I. (2019). Gara-gara Daun Sengon Siswa Kediri Ini Terbang ke Amerika. 23 Mei 2019. https://www.medcom.id/pendidikan/inspirasi-pendidikan/nbwQ6QEK-gara-gara-daun-sengon-siswa-kediri-ini-terbang-ke-amerika (diakses 1 Nopember 2019)

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. 2019. Petunjuk Teknis Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2019

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan

Surat Dirjen Pendis Nomor 2146 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis (juknis) Pelaksanaan Madrasah Young Researcher Super Camp Tahun Anggaran 2019

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wawancara Yuyun, Kepala Seksi (Kasi) Kesiswaan Direktorat KSKK, 12 September 2019

Wawancara Royana, MAN 2 Kudus, 17 September 2019

Wawancara Yani Kasi Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau dan Ima Kasi Pendis Kanwil Maluku, 17 September 2019

Wawancara Indra, MTSN 6 Sleman, 18 September 2019

Wawancara Imam, MTS N 1 Tangerang, 26 September 2019

Wawancara, Tini, MAN IC Serpong, 27 September 2019

Wawancara Melda, MTSN 7 Model Jakarta, 3 Oktober 2019

Downloads

Additional Files

Published

2021-04-29

How to Cite

BUDAYA MENELITI SISWA MADRASAH MELALUI MADRASAH YOUNG RESEARCHERS SUPER CAMP. (2021). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(1), 25-39. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i1.821