Pendidikan Life Skill di Madrasah Aliyah

Studi Kasus MA Keterampilan Al Irsyad Gajah, Demak

Authors

  • Abdul Kadir Ahmad Badan Riset dan Inovasi Nasional
  • Lisa’diyah Ma’rifataini Badan Riset dan Inovasi Nasional

DOI:

https://doi.org/10.32729/edukasi.v20i2.1252

Abstract

Berdasarkan SK Dirjen Nomor 4924 Tahun 2016 dan Nomor 2851 Tahun 2020, kementerian agama menetapkan beberapa madrasah aliyah pelaksana program keterampilan. Penelitian ini bertujuan utk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan life skill di MA Al Irsyad Gajah Demak, dalam bentuk penguatan kompetensi kewirausahaan, jaringan pengembangan program keterampilan, dan evaluasi pelaksanaan program keterampilannya. Metode penelitian adalah kualitatif eksplorasi terstruktur dan empiris dengan menggunakan teknik observasi, studi dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan mencakup tiga proses analisis, yaitu reduksi data, penyajian data, dan pembuktian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stakeholder dari dunia usaha memberikan apresiasi atas soft skill lulusan seperti religiutas, tanggungjawab, kejujuran, dan loyalitas. Namun demikian implementasi program keterampilan belum terlaksana secara maksimal, karena kurikulum vokasinya belum disesuaikan dengan standar KKNI, jenis keahlian belum berdasarkan pada potensi pasar tenaga kerja, dan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia usaha belum bisa terpenuhi, serta rekrutmen tenaga pendidik keterampilan berasal dari alumni sehingga menyebabkan butuh waktu dalam penguatan life skill.

Downloads

Published

2022-10-14

How to Cite

Pendidikan Life Skill di Madrasah Aliyah: Studi Kasus MA Keterampilan Al Irsyad Gajah, Demak. (2022). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 20(2), 150-167. https://doi.org/10.32729/edukasi.v20i2.1252