MINAT BACA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP LITERATUR KEAGAMAAN DI SMA

Authors

  • Mahmudah Nur Balai Litbang Agama Jakarta, Kementerian Agama RI

DOI:

https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i3.452

Keywords:

Reading Interests, Islamic Education Teachers, Religious Literature, Minat Baca, Guru Pendidikan Agama Islam, Literatur Keagamaan

Abstract

Abstract


This paper presents the results of research on the reading interest of Islamic Education (PAI) teachers in Depok city to religious literatures as the books of enrichment and reference in the process of teaching and learning activities in the classroom. This research is a descriptive research that emphasizes on qualitative data that aims to describe the condition and situation about the reading interest of PAI teachers on religious literature. This research shows that the reading interest of PAI teachers in Depok is still very low. They still consider that 1) reading is not an important process in developing their knowledge. 2) The literature of their choice includes diverse themes. The theme of morality is more favored by PAI teachers in Depok, as well as the themes of Al-Quran Hadith, History, Fiqh, Aqidah. 3) In addition to books, PAI teachers in Depok also read magazines, newsletters, newspapers and enrichment books to add insight and support classroom teaching materials.


Abstrak


Tulisan ini menyajikan hasil penelitian mengenai minat baca guru PAI di kota Depok terhadap literatur keagamaan yang menjadi buku pengayaan dan referensi dalam proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Penelitian ini lebih mengedepankan jenis penelitian deskriptif yang menekankan pada data-data kualitatif yang bertujuan menggambarkan kondisi dan situasi mengenai minat baca guru PAI terhadap literatur keagamaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa minat baca para guru PAI di Depok masih sangat rendah. Mereka masih menganggap bahwa 1) kegiatan me mbaca bukanlah suatu proses yang penting dalam mengembangkan pengetahuan mereka. 2) Literatur yang menjadi pilihan mereka mencakup tema yang beragam. Tema mengenai Akhlak lebih banyak disukai oleh para guru PAI di Depok, di samping tema mengenai Al-Quran Hadits, Sejarah, Fiqih, Aqidah. 3) selain buku, para guru PAI di Depok juga membaca majalah, buletin, koran serta buku pengayaan untuk menambah wawasan dan menunjang bahan pengajaran di kelas.

References

Alam, Rudy Harisyah, dkk. 2007. Akses Literatur Keagamaan pada Masyarakat Muslim. Laporan Hasil Penelitian. Jakarta: Balai Litbang Agama Jakarta, Departemen Agama.

Arsyad, Azhar. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Baedowi, Ahmad. 2012a. Calak Edu 1: Esai-Esai Pendidikan 2008-2012. Jakarta: Alvabet.

Burhan, Bungin. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Prenada Kencana.

Hanim, Masayu S (ed). 2006. Dampak Tayangan Pornografi, Kekerasan dan Mistik di Televisi di Palembang dan Sumatera. Jakarta: Puslit. Kemasyarakatan dan Kebudayaan LIPI, 2006.

Ishartiwi. 2010. Potret Minat Baca Guru Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Yogyakarta.

Iswanto, Agus. Literatur Keagamaan Aktivis Rohani Islam di Sekolah Menengah Atas (SMA): Studi Kasus di Kota Serang Propinsi Banten. Artikel pada jurnal Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, Vol. 13 No. 3 Desember, Pusat Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama.

Kailani, Muh (Penyunting). 2003. Daftar Tajuk Subyek Islam dan Sistem Klasifikasi Islam: Adaptasi dan Perluasan DDC Seksi Islam. Jakarta: Departeman Agama RI, Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan Puslitbang Lektur Keagamaan, Proyek Pengkajian dan Pengembangan Lektur Pendidikan Agama.

Latuputty, Hanna. 2016. Kolaborasi Guru Dan Pustakawan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Dalam Gerakan Literasi Sekolah. Makalah pada acara Seminar kolaborasi Guru dan Pustakawan Sekolah serta Pelantikan Pengurus Kabupaten/kota di BPAD Sumatra Utara pada tanggal 22 Juli 2016 dan Pelatihan Kolaborasi Guru dan Pustakawan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 10 Agustus, 2016 Jakarta.

Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Nata, Abudin. 1997. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Wacana Ilmu.

Nur, Mahmudah. 2015. Resepsi Aktivis Rohani Islam (ROHIS) Terhadap Bahan Bacaan Keagamaan di SMAN 48 Jakarta Timur dan SMA Labschool Jakarta Timur. Artikel pada Artikel pada Jurnal Analisa: Jurnal Pengkajian Masalah Sosial keagamaan, Vol. 22 No 01 Juni, Balai Litbang Agama Semarang.

Poerwardaminta, W.J.S. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Purves, Alan C., Richard Beach. 1972.Literature and the Reader: Research in Response to Literature, Reading Interest, and the Teaching of Literature. Urbana-Champaign: University of Illinois.

Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM). 2008. Sikap dan Perilaku Sosial-Keagamaan Guru-Guru Agama di Jawa: Temuan Survey (Attitude and Social Behaviour of Relegious Teachers of Java: Survey Finding). Jakarta: PPIM UIN Jakarta

Putri, Savira Anchatya. 2010. Peningkatan Minat dan Budaya Baca Masyarakat: Upaya Forum Indonesia Membaca dalam Bersinergi Menuju Masyarakat Melek Informasi. Skripsi pada Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Program Studi Ilmu Perpustakaan, Universitas Indonesia.

Rahayu, Gilang Sri. 2015. Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Se-Gugus II Kasihan Bantul. Skripsi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta.

Riza Ul Haq, dan Endang Tirtana (Ed). 2007. Islam, HAM, dan Keindonesian. Jakarta: Maarif Institute dan New Zealand Agency for International Development.

Rohanda. 2010. Budaya Baca Remaja. Bandung: UNPAD Press.

Tim Peneliti. 2011. Buku Teks Pendidikan Agama Islam sebagai Media Belajar. Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) Nomor 20 Tahun 2003, Pasal 1 ayat 6, 2003.

Wibowo, A.M. 2014. Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Melalui Mata Pelajaran PAI Pada SMA Eks RSBI di Pekalongan. Artikel pada Jurnal Analisa: Jurnal Pengkajian Masalah Sosial keagamaan, Vol. 21 No. 02 Desember, Balai Litbang Agama Semarang.

Internet

Apandi, Idris. 2016. Guru dan Budaya Literasi. (http://www.kompasiana.com/idrisapandi/guru-dan-budaya-literasi). Diakses pada 15 Nopember 2016.

Asri, Nining. 2012. Fakta Minat Baca di Indonesia. https://sahabatguru.wordpress.com/2012/08/29/fakta-minat-baca-di-indonesia/. Diakses pada 1 November 2016.

http://www.ccsu.edu/wmln/rank.html. Diakses tanggal 14 Nopember 2016.

http://www.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/berita/8459.html, diakses pada 1 November 2016.

http://www.republika.co.id/berita/koran/didaktika/14/12/15/ngm3g840-literasi-indonesia-sangat-rendah. 2014. Literasi Indonesia Sangat Rendah. Diakses tanggal 14 Nopember 2016.

Downloads

Published

2017-12-31

How to Cite

MINAT BACA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP LITERATUR KEAGAMAAN DI SMA. (2017). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 15(3). https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i3.452

Similar Articles

1-10 of 508

You may also start an advanced similarity search for this article.