PENINGKATAN KOMPETENSI PENYUSUNAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) MELALUI DIKLAT MODEL IN ON IN

Authors

  • Endang Fadli Balai Diklat Keagamaan Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i3.454

Keywords:

training, classroom action research, competencies, sessions, diklat, penelitian tindakan kelas, kompetensi, sesi

Abstract

Abstrak


This paper presents the results of research on Substantive Technical Training for Promoting Competence Research Action Class VIII (DTSPK PTK VIII). The objective is to examine the implementation of DTSPK PTK VIII in on in model, more specifically to know the improvement of competence of compilation of Class Action Research paper (PTK). This research was conducted using case study method with the data collected through questionnaire, interview, and documentation. This research concludes that the competence of DTSPK PTK VIII participants in the preparation of paper of PTK after following the in on model is good meaning DTSPK PTK VIII in on model can increase the competence of writing papers of PTK.

 

Abstrak


Tulisan ini menyajikan hasil penelitian pada Diklat Teknis Substantif Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas Angkatan VIII (DTSPK PTK VIII). Tujuannya adalah mengkaji pelaksanaan DTSPK PTK VIII model in on in yang lebih khususnya untuk mengetahui peningkatan kompetensi penyusunan karya tulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus, yang data-datanya dikumpulkan melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kompetensi peserta DTSPK PTK VIII pada penyusunan karya tulis PTK setelah mengikuti diklat model in on in adalah baik. MakaDTSPK PTK VIII model in on in dapat meningkatkan kompetensi penyusunan karya tulis PTK.

References

Annonimous. 2003. Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil. Jakarta: Sekretaris Negara RI.

Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas bagi Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suata Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi et.al., 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Atmodiwirio, Soebagio. 2002. Manjemen Pelatihan. Jakarta: PT Ardadizya Jaya.

Hopkins, David. 1993. A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open University Press.

Kelly, T.L. 1932. Scientific Method. It's Function in Research and in Education. New York: The Macmillan Company.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2009). Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Rummel, J.F. 1958. An Introduction to Research Procedure in Education. New York: Harper & Brothers, Publisher.

Searles, H.L. 1948. Logic and Scientific Methods. New York: The Ronald Press Company.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhardjono. 2009. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Malang, Lembaga Cakrawala Indonesia bekerja sama dengan LP3 UM.

Van Dalen, D.B. 1962. Understanding Educational Research: An Introduction. New York: McGraw-Hill Book Company Inc.

Wiriaatmaja, Rochiati. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2017-12-31

How to Cite

PENINGKATAN KOMPETENSI PENYUSUNAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) MELALUI DIKLAT MODEL IN ON IN. (2017). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 15(3). https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i3.454

Similar Articles

1-10 of 353

You may also start an advanced similarity search for this article.