EVALUASI PROGRAM DIKLAT UNGGULAN PUSDIKLAT TENAGA TEKNIS PENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN 2018

Authors

  • Cut N. Ummu Athiyah Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan

DOI:

https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i1.585

Keywords:

CIPP, Programme evaluation, Substantive technical training, Diklat teknis substantif, Evaluasi program

Abstract

Abstract

This article is based on research that aimed to evaluate the implementation one of Priority Training Program for Madrasa English teachers of Ministry of Religions Affair (MoRA) Indonesia in 2018.  . The  researched aspects are:  (1) the context of the legal basis, the goals and objectives of the training program; (2) input, namely curriculum, the background of human resources (organizers, instructors, participants) and education and training facilities; (3) the process, namely the object of research, namely the media and methods used in training and learning activities, as well as the suitability of the implementation of training and schedules; (4) results, namely the quality and quantity of participants who have participated in the training.This study uses a descriptive evaluative research; Context, Input, Process, and Product model (CIPP). The research sample uses purposive sampling technique with affordable samples (trainers, committees, participants) of training. Data collection techniques are: tests, observations, document studies and interviews. The data analysis technique used by researcher is: data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the research on the implementation of the CIPP model in the Substantive Training Program of English Language National Examination at Center Education and Training, MoRA in the 2018 has been running well (systematic, planned, organized, and continuous).


Abstrak

Artikel ini merupakan hasil riset yang ditujukan mengevaluasi pelaksanaan salah satu program unggulan Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan RI  yaitu Diklat Teknis Substantif Ujian Nasional (UN) Bahasa Inggris Madrasah Aliyah. Aspek yang dikaji meliputi: (1) konteks  yaitu dasar hukum, tujuan dan sasaran program diklat;(2) masukan yaitu kurikulum, latar belakang sumber daya manusia (penyelenggara, pengajar, peserta) dan sarana prasarana diklat; (3) proses yaitu objek penelitian yaitu media dan metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran diklat, serta kesesuaian pelaksanaan diklat dengan jadwal;(4)  hasil yaitu kualitas dan kuantitas peserta yang telah mengikuti diklat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif evaluatif dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Sampel  penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel terjangkau, terdiri atas unsur:  panitia, widyaiswara/narasumber, dan peserta diklat. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada riset ini menggunakan tes, observasi, studi dokumen dan wawancara.  Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data model Miles and Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penerapan model CIPP pada Implementasi program Diklat Teknis Substantif Ujian Nasional (UN) Bahasa Inggris Madrasah Aliyah Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan pada tahun 2018 didapat kesimpulan bahwa pelaksanaanya telah berjalan dengan baik (sistematik, terencana, teratur, dan berkesinambungan).

References

Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Renika Cipta

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safrudin Abdul Jabar, 2009, Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Athiyah, Cut N. Ummu. (2016). Upaya Peningkatan Kualitas Diklat Teknis Melalui Kegiatan Penjaminan Mutu pada 12 (Dua Belas) Balai Diklat Keagamaan. Jurnal Andragogi Pusdiklat Tenaga Teknis Keagamaan, 4(1):45-54

Gomez-Mejia, Luis, David B.Balkin, dan Robert L.Cardy,2001. Managing Human Resources. Englewood Cliffs: Prentice-Hall International, Inc.

Gronlund, N. dan Linn,R.L. 1990. Measurement and Evaluation in Teaching 6th edition. NewYork: Mac Millan Publishing Co.

Peraturan Menteri Agama Nomor 75 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Pegawai pada Kementerian Agama.

Roger Kaufman dan Susan Thomas,1980, Evaluation without Fear. New York: New Viewpointsre

L. Stufflebeam, Daniel. 1971. Educational Evaluation & Decision Making.. . Itasca, Ill:Peackock.

L. Stufflebeam, Daniel. 2016. Factors That Influenced My Conduct of Evaluations and Evaluation Training Programs: Factors That Influenced My Conduct of Evaluations. New Directions for Evaluation. 2016.. 10.1002/ev.20188.

L. Stufflebeam, Daniel. 2003. “The CIPP Model or Evaluation,†makalah disampaikan pada Annual Conference of the Oregon Program Evaluators Network (OPEN), 10 Maret 2003.

Madaus, George. 1985. Test Scores as Administrative mechanism in Education Policy.Phi Delta Kappan.

Setiawan, Deni. 2016. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan berbasisi KKNI dan Berwawasan Kebangsaan Sebagai Program Dukungan Pembangunan Berkelanjutan di Bidang Pendidikan†http://ojs.unm.ac.id/PSN HSIS/article/download/2760/1501(diunduh tanggal 28 Desember 2018 ).

Sukarna. 2011. Dasar-Dasar Manajemen. CV. Mandar Maju. Bandung.

Suprabowo, Eko Rachmat. 2012. Evaluasi program pelatihan komputer di Balai Latihan Kerja Kabupaten Kulon Progo. Skripsi:diakses tanggal 22 Januari 2018 melalui eprints.uny.ac.id/26914/1/Eko%20Rachmat%20Suprabowo.

Suprayogo,Imam dan Tobroni. 2001. Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Tri Widodo, Wahyu.2012. Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Operator Komputer Di Balai Latihan Kerja Siraman Wonosari Gunungkidul. Skripsi: diakses tanggal 22 Januari 2018 melalui http://eprints.uny.ac.id/6197/1/Abstrak%20Wahyu%20Tri%20Widodo.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2004 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil.

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

EVALUASI PROGRAM DIKLAT UNGGULAN PUSDIKLAT TENAGA TEKNIS PENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN 2018. (2019). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(1). https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i1.585

Similar Articles

1-10 of 222

You may also start an advanced similarity search for this article.