PENDEKATAN SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Authors

  • Toni Pransiska STAI Sunan Pandanaran Yogyakarta
  • Aly Aulia Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.473

Keywords:

Development, Learning, Arabic Language, System Approach, Sub-system, Pengembangan, Pembelajaran, Bahasa Arab, Pendekatan system, Sub sistem

Abstract

Abstract

This research examined  the Arabic language development and learning at Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah, Yogyakarta. Research diagnosed the components or sub-systems in Arabic language learning, which involved students, teachers, learning goals, methods, and Arabic text books. It is intended to describe the learning process of Arabic language in perspective of system approach. This research is a mixed research of qualitative and quantitative methods. In general, the interaction of sub-systems, namely students, teacher conditions, goals, methods, and text books is collaborative and cooperative. Even though, some problems were still found in each sub-system. The interaction of sub-systems in the learning process that implemented the interdependent, cooperative and dynamic principals, worked well. In addition, it is necessary to perform educational efforts to improve teacher competencies and student quality with education and training, workshop, seminar, text-book writing, comparative study, and direct practice.  Therefore, the Arabic learning process may find an ideal format and solutive and educational steps in designing Arabic language learning that is active, conducive, creative, innovative, and fun.

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang pengembangan dan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. enelitian ini mencoba mendiagnosa komponen atau sub-sub system dalam pembelajaran bahasa Arab yang meliputi siswa, guru, tujuan pembelajaran, metode, dan buku ajar bahasa Arab.Hal ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa Arab dalam perspektif pendekatan system. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kombinasi (mix research) antara kualitatif dan kuantitatif. Secara umum, interaksi antar sub system seperti siswa, kondisi guru, tujuan, metode, dan buku ajar saling kolaboratif dan sinergis. Meskipun masih banyak ditemukan beberapa masalah di masing-masing sub system tersebut. Interaksi antar sub system tersebut dapat berjalan dengan baik dalam proses pembelajaran dengan melaksanakan prinsipi interdependensi, sinergitas, dan dinamis. Disamping itu, perlu melakukan upaya-upaya edukatif untuk meningkatkan kompetensi guru dan kualitas siswa dengan pendidikan dan pelatihan, workshop, seminar, penulisan buku ajar, studi banding (comparative study), dan praktek langsung (direct practice). Dengan begitu, proses pembelajaran bahasa arab dapat menemukan format ideal dan langkah-langkah solutif-edukatif dalam mendesain pembelajaran bahasa Arab yang aktif, kondusif, kreatif, inovatif dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Alim Ibrahim, (2007): al-Muwajih al-Fanny li MudarrisÄ« al-Lughah al-‘Arabiyah, Cairo: DÄr al-Ma’Ärif.

Abdul Majid, (2007): Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Rosdakarya.

Ahmad Sobirin, Upaya Inovatif Guru MTs dalam menyajikan materi bahasa Arab dan pengelolaan kelas pada pembelajaran bahasa Arab: Studi Kasus MTs YATPI dan MTs Miftahul Ulum, Thesis S2. Tidak diterbitkan. 2015: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Ahmad Thalal Hasan dan Mahirom Ahmad, (2011): Ta’lim al-Lughah al-Arabiyah al-Tawashuliyah li Thulab ghair al-Muslimin fi Jami’ah Malaysia Kelantan: al-Tajarub wa al-Tahaddiyah. Prosiding Seminar Antarbangsa Pengajaran Bahasa Arab, Malaysia: Univeristas Kebangsaan Malaysia.

Azhar Arsyad. (2004): Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Cet. 2, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bobbi De Porter dan Mike Hernacki, (2014): Quantum Learning, Cet. XVII, Bandung: Kaifa.

Burt, Dulay dan Krashen, (1982): Language Two, New York: Oxford University Press,

Dwi Lutfiyana, Partisipasi Santri dalam Mengikuti Kegiatan Bi’ah Lughawiyah di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogykarta: Pendekatan Psikologis. Thesis S2, 2015. Tidak diterbitkan. Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar, (2011): Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: Rosyda Karya.

Joseph Devlin, (1961): A Dictionary of Synonims and Antonyms, Bandung: Penerbit Angkasa.

Kamiluddin, (2008): Problematika Pembelajaran Muhadtsah di Kelas VIII Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun Pendidikan 2007/2008. Thesis S2. Tidak diterbitkan. Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Mastuhu, (2003): Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional Abad 21, Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Moch. Rosyid, (2014): Muatan Ideologi dalam Kurikulum Bahasa Arab Terintegrasi: Studi Kasus di Madrasah Aliyah Ali Maksum Yogyakarta dan Madrasah Aliyah Islamic Center Bin Baz Yogyakarta. Thesis S2. Tidak diterbitkan. Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Nur Syuhada Muhammad dan Abd Wahab Zakaria. (2011): Ittijahat al-Thulabah nahw Ta’allum al-Lughah al-‘Arabiyah fi al-MadÄris al-Diniyah al-HukÅ«miyah al-MÄliziyah: al-Marhalah al-Tsanawiyah bi Wilayah Selangor NamÅ«dzajan. Prosiding Seminar Antarbangsa Pengajaran Bahasa Arab, Malaysia: Univeristas Kebangsaan Malaysia.

Oemar Hamalik, (2008): Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara.

Rostiyah, (1994): Masalah Pengajaran Sebagai Suatu Sistem, Jakarta: Rineka cipta,

Rusman, (2011): Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers.

Rusydi Ahmad Thu’aimah, (2004): al-MahÄrÄt al-Lughawiyah: MustawayÄtuhÄ, TadrÄ«suhÄ, Shu’ūbatuhÄ, Cairo: DÄr al-Fikr al-‘Araby.

Rusydi Ahmad Thu’aimah, (2004): al-Usus al-‘Ämmah li ManÄhij Ta’lÄ«m al-Lughah al-‘Arabiyah, Cairo: DÄr al-Fikr al-‘Arabi.

Sugiyono, (2014): Metode Penelitian Manajemen, cet. ke-2. Bandung: Alvabeta.

Sukadi, (2008): Progressive Learning; Learning by Spirit, Bandung: MQS Publishing.

Syamsuddin Asyrofi dan Toni Pransiska, (2016): Penulisan Buku Teks Bahasa Arab; Konsep, Prinsip, Problematika, dan Proyeksi, Yogyakarta: Penerbit Ombak,

Syamsuddin, (2009): Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, (2005): Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: balai Pustaka.

Tim Penyusun, (2007): Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, cet-3, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wina Sanjaya, (2008): Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group.

Yahya Hamid Hamdan dan Jabir Abd al-Hamid, (1978): al-ManÄhij: AsÄsuhÄ, TakhthÄ«tuhÄ, TaqwÄ«muhÄ, Cairo: DÄr al-Nahdhah al-‘Arabiyah.

Downloads

Published

2018-08-31

How to Cite

PENDEKATAN SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. (2018). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.473