PENGARUH DISIPLIN IBADAH SHOLAT, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN INTELEGENSI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.474Keywords:
Worship Discipline, Learning Result, Intelligence, School Environment, Disiplin sholat, Hasil belajar, Intelegensi, Lingkungan sekolahAbstract
 Abstract
Research aimed to study the worship disciplin analysis, school environment, and inteligence on the student’s learning result of the Islam Education (PAI) lesson at Senior High Schools (SMA) in all sub-districts of Pamijahan, Bogor district. This research used survey method with correlation and regression analysis. Population in this research was students from SMA Negeri (Public schools) in all sub-districts of Pamijahan, Bogor district. Meanwhile, samples were 60 students chosen randomly. Data collection obtained by delivering questionnaire and documentation. Data analysis used descriptive statistics, Pearson multiple correlation, coefficient of determination, and regression analysis. Statistical examination used t-test and F-test. Analysis results of worship discipline, school environment, and intelligence on student’s learning result of the PAI lesson were: (i) coefficient of correlation 0,865, (ii) coefficient of determination 73,67%, and (iii) linear regression = -43,84+0,335 X1+0,283 X2+0,417 X3. Test analysis showed that the coefficient of correlation and the coefficient of regression is significantly related. It showed the positive and significant relationship between (i) worship discipline, (ii) school environment, and (iii) intelligence and student’s learning result of the PAI lesson.
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui analisis disiplin ibadah sholat, lingkungan sekolah, dan intelegensi terhadap hasil belajar peserta didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Negeri se-Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan analisis korelasi dan regresi. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri ke-Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor sedangkan sampel berukuran 60 orang peserta didik yang dipilih secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi kuesioner dan dokumentasi. Analisa data menggunakan statistik deskriptif, korelasi ganda Pearson, koefisien determinan dan analisis regresi. Uji statsitik dipergunakan uji-t dan uji-F. Hasil analisis disiplin ibadah sholat, lingkungan sekolah dan intelegensi, terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,865 dan koefisien determinasi sebesar 73,67%, serta persamaan garis regresi = -43,84+0,335 X1+0,283 X2+0,417 X3. Melalui analisa pengujian diperoleh bahwa koefisen korelasi dan koefisien regresi tersebut sangat signifikan. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara disiplin ibadah sholat, lingkungan sekolah dan intelegensi, terhadap hasil belajar peserta didik Mata Pelajaran PAI.
Downloads
References
Anitah W, Sri dkk, (2014). Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universita.
Assuyuti, Imam Basori. (1998). Bimbingan Shalat Lengkap, Jakarta: Mitra Umat.
BNSP, (2018). Tanya Jawab Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2017/2018. Jakarta: BNSP.
Casmini. (2007). Emotional Parenting. Yogyakarta: Pilar Media.
Daradjat, Zakiah. dkk, (1992). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta; Bumi Aksara.
Efendi, A. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Gazalba, Sidi. (1975). Asas Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang.
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. (1992). Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
Haryanto, S. (2005). Psikologi Shalat. Yogyakarta: Pusktaka Pelajar.
Hanun, Farida, (2013). Pengaruh Efikasi Diri, Iklim Kerja, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Kepala Madrasah (Survey Di Madrasah Ibtidaiyah Kota Bekasi). Jurnal Analisa, 20 (01). 99-114
Karimm, B, (2001), Nilai-nilai Pedagogik dalam Ibadah Sholat, Disertasi, Jakarta: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarif Hidayatullah.
Kasim, Anwar. (2005). Bimbingan Konseling Belajar. Jakarta: Universitas Jakarta.
Muhaimi, et.al. (2001). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syidiqi, Hasbi Asy. (1976). Pedoman Shalat. Jakarta: Bulan Bintang.
Sabri, Alisuf. (1996). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Sudjana, (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.
Slameto, (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.
Soemanto, Wasty. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin. (2009), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Poerwadarminta, W. J. S. (2008) . Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Uno, H. (2008). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.